fPtFh9MOYDYCIXsMqZnULjYeLRvmL6GtPeki3xPR

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

TENTANG GOOGLE ANALYTICS DAN GOOGLE SEARCH CONSOLE

Ciao...

Bulan lalu saya dibuat mabuk kepayang dengan bahasa Italia yang dipakai seorang mafia Korea namun memiliki kewarganegaraan Italia. Jadi gitu deh sampai sekarang efek filmnya masih penuh di kepala terlebih hati saya *yang main dramanya ganteng :p

Anyway, saya udah lama gak nulis nih. Sekali nulis judulnya langsung "berat". Sebenernya saya mau ceritanya nanti waktu kelas usai. Namun topik super menarik dan super penting ini penting untuk dibahas duluan, terlebih nih buat kita-kita yang mendaulat diri sebagai seorang "bloger".

Belajar SEO bersama Blogger Ruang Tunggu

KELAS GRATIS BRT NETWORK

Ilmu itu tuh mahal banget kan. Coba hitung lagi tuh biaya sekolah kita dari SD-SMA (minimal). Belum lagi kalau lanjut kuliah. Semua biaya itu biar apa? Yah biar kita bisa dapat ilmu yang dibutuhkan selama hidup di dunia. Nah makanya saya itu seneng belajar *boong. HAHAHA. Engga deng saya beneran suka sesuatu yang baru. Kaya menantang untuk dicoba gitu. Dan kalau ada kelas gratis di bidang yang saya suka banget, saya pasti LANGSUNG DAFTAR. Yah gimana, bagi-bagi ilmu gratis tanpa perlu bayar itu privilege.

BRT (Blogger Ruang Tunggu) sejak 3 minggu yang lalu membuka kelas yang bertajuk "LEARN TO EARN" yang materinya dipresentasikan mentor-mentor kece setiap malam minggu. Oh iya pertemuan di BRT ini pula saya dipertemukan dengan dua mentor super detail dan pinter, Kak Monic dan Kak Punto, belum lagi banyak banget juga bloger kece dan pinter-pinter lainnya yang baik-baik mau ngajarin saya yang awam ini huhuu. Nah demi ikut kelas gratis ini saya rela loh malam minggu gak pacaran demi belajar *uhuk. 

Nah selama 2 minggu yang telah berlangsung, saya itu baru menyadari betapa hancur dan kacau balaunya blog saya ini HAHAHA. Iya sih blog ini emang banyakan curhat dan isi kepala saya aja. Tapi kalau bisa dipakai untuk menghasilkan uang kenapa engga kan. Jadilah saya berkomitmen (semoga komitmennya utuh nih sampai nanti-nanti) untuk memperbaiki blog ini biar bisa makin ciamik lah pokoknya.

Malam minggu lalu, tanggal 19 Juni 2021 kelasnya dimentori oleh Mas Priyo Harjiyono dan topik yang dibahas adalah "Audit Web & Cara Menggunakan Tools Audit". Yukkk sama sama belajar lagi.

GOOGLE ANALYTICS

Kalau saya gak memutuskan jadi bloger, mungkin saya gak akan pernah tahu ini apa HAHA. Gak ngerti dan bingung banget. Padahal GA (Google Analytics) bukan giveaway lho ya, adalah salah satu tools yang penting banget untuk mengetahui detaik blog kita mulai dari performa blog, data pengunjung blog hingga page view blog kita juga. Jadi tuh katanya (katanya lho ya, soalnya saya belum pernah dapet *curcol lagi), calon client yang mau kerja sama di blog akan meminta hasil dari GA blog yang akan mereka ajak kerja sama. Tuh! Jadi penting banget tahu tentang Google Analytics.

GOOGLE SEARCH CONSOLE

Apalagi nih? Hati kecil saya langsung bertanya-tanya. Tools yang satu ini dapat memperlihatkan kemampuan blog kita bisa ada dalam pencariannya Google. Pengen dong yah kalau lagi ketik kata kunci tertentu terus tiba-tiba WUUSHHHH nama blog kita muncuk paling atas sebagai artikel paling direkomendasikan. Kira-kira gitulah tugasnya si GSC ini. Ibaratnya kalau lagi cari jodoh, GSC ini biro jodohnya untuk tahu apa dan gimana calonnya kita itu mau dari kita *ehemmm. Selain itu juga untuk blog yang campur aduk kaya saya ini, bisa membantu untuk melihat bacaan apa yang paling diminati oleh pengunjung blog.

PENTINGKAH GOOGLE ANALYTICS & GOOGLE SEARCH CONSOLE UNTUK BLOG?

Jawabannya SANGAT PENTING. Iya walau saya juga baru belajar dan belum pinter-pinter amat. Tapi dari materi yang dipaparkan Mas Priyo, untuk menciptakan blog yang berkembang dan memiliki traffic pembaca yang tepat analisanya dapat dilakukan melalui ke dua tools ini. Jadi kalau saya ngerasa kok blog saya gak ada perkembangan sih? Kok gitu-gitu aja sih? Kok gak pernah dapet job sih :p
Berarti saya harys kembali mengaudit kelayakan blog ini.

Kelas ini akan terus berlanjut dan semoga saya terus bisa naik kelas. Karena kalau sampai tinggal kelas sedih banget tuh pisah sama temen-temen yang udah belajar bareng dari awal. Dan harapan saya sih di penghujung kelas naik BISMILLAH DA TEMBUS 20 HAHAHA.

AAMIINKAN DULU YUK BISA YUK!
AmeliaSepta - LIFESTYLE AND TRAVEL BLOGGER
(masih) wanita, gampang ketawa dan bahagia, punya kemampuan bisa tidur di mana aja apalagi dalam pelukan kamu, mimpinya banyak tapi paling pengen jadi ibu untuk anak-anak kamu. Full timer - Dreamer; Part timer - Worker

Related Posts

Posting Komentar