My Head Full of Dream

INFINITE STUDIO BATAM - “DUNIA NYATA DI BALIK LAYAR KACA”


Hari Minggu langit di luar sana cerah banget. Gak lupa berkaca di kamar sebelum melangkahkan kaki ke luar. Gue udah mastiin kamera dua-duanya dalam kondisi full battery dan ready to use.

EMANG MAO KE MANA SIH KAK?

So gaissssssssss today I want to go to some place yang you know lah keren banget gituwhhhh.
*apakah ku dah bisa pindah ke jaksel? Wkwkwk :))

Hari ini gue akan mendatangi tempat yang kalau kalian anak Batam dan belum tahu ada tempat sekece ini di Batam, KALIAN FIX GA GAUL! GA UPDATE! DAN RUGI BANGET!

Dunia perfilman Indonesia beberapa tahun belakangan lagi meningkat drastis mulai dari segi cerita, editing, bahkan banyak banget film Indonesia yang bisa masuk ke nominasi-nominasi bergengsi di luar negeri. Nah apalah arti sebuah film tanpa ada set untuk syuting. Dan Batam mendapat sebuah kehormatan memiliki studio terbesar gak hanya di Indonesia namun se-Asia Tenggara yang dikenal dengan Infinite Studio Batam.


 BANGGA GA SIH WEY!

Hari ini gue akan melakukan tur bersama Blogger Kepri dan Govakansi ke Infinite Studio Batam. Sebenernya ini adalah ke dua kalinya gue datang ke Infinite Studio Batam. Kunjungan pertama sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu dan gue tetep excited untuk dateng ke sini lagi karena pasti akan selalu ada hal-hal baru di sana karena set untuk syuting selalu berubah sesuai dengan film yang akan ditayangkan.

Tur bersama Blogger Kepri dan Govakansi dimulai pukul 2 siang. Dipandu oleh Mba Bella yang cantik dan lembut, kami disuguhkan cerita dan penjelasan lengkap tentang set-set yang ada di Infinite Studio Batam.

Mas dari Govakansi
Awal tur, kami akan langsung melihat banyak lonceng besar yang terpasang di depan gedung. “The Bells” adalah nama dari lonceng-lonceng itu yang merupakan set film dari Jepang berjudul Joker Game pada tahun 2015. Dan 60% pengerjaan film ini dilaksanakan di sini loh, di Batam.



Kalau kalian pada tahu series Halfword di HBO Asia, nah ada juga set “SteamPunk” di sini. Dan tempat ini berhadapan dengan kafe Infinite Studio yang mengambil set Buffalo Boys yang tayang tahun 2018 lalu. Yang gak kalah mencengangkan ada jam besar banget di sini. Pokoknya yakin deh kalo jam segede ini berdentang di kamar yang bangun bukan cuma satu rumah tapi satu negara. *yah walau ga mungkin juga dimasukin ke rumah kak*
SteamPunk
Modelnya dah cocok kale jadi bintang pilem :))
Ini jam aslinya gede banget gitu, cuma gue pinter aja ambilnya jadi kaya jam di ruang tamu huahaha :))
Properti yang ada di bagian luar
Meriam untuk syuting
Kami melanjutkan tur menuju office produksi film. Di sini ada tempat untuk wardrobe, ruangan make-up artis dan di dindingnya terlihat foto-foto yang pernah melakukan syuting di tempat ini, salah satunya Iko Uwais. Sayang banget Mba Bella menghimbau kami untuk tidak mengambil foto dan gambar di sini huhuuuu :(( Tempat ini sendiri akan menjadi kantor para kru melakukan kegiatan administrasi selama proses syuting berlangsung.

Kafe ala-ala Buffalo Boys
Lalu kami tiba di hamparan *cieelahhh hamparan, rumput kali ah* alias tempat syuting indoor terbesar di Indonesia dengan luas area 30.000 Sq. Ft. Di sini ada tempat syutingnya Buffalo Boys yang waktu mereka dalam kereta. Ternyata efek editing dan pengambilan gambar itu mampu menipu mata kita semua gaisssssss.

Set kereta yang sedang berjalan di Buffalo Boys ditake di sini gaiss


Di tengah ruangan ada set film yang sangat “top secret”. Set ini adalah tempat syuting series berjudul "Grisse" yang baru saja tayang November 2018 kemarin. Diperankan oleh kakak gue Adinia Wirasti, Grisse digadang-gadang akan melanjutkan kisahnya di season 2. Makanya tempat ini gak boleh di foto atau direkam.
Eh tapi ini rahasia lho yaa, ntar spoiler :3

Penjara 
Set tempat hiburan malam di Buffalo Boys

Properti eksekusi, modelnya anak Blogger Kepri :))
Dari indoor kami menuju tempat outdoor atau yang dikena dengan Backlot seluar 1 hektar. Di sini adalah lokasi syuting diluar ruangan. Set yang dibangun berupa gedung-gedung tua yang lagi-lagi gak bisa kami jamah karena masih akan dipakai untuk syuting film.  Infinite Studio sendiri dari pos security hingga ke Backlot memiliki luas sekitar 10 hektar. LUAS YA!

Backlot
Semua detail yang ada di Infinite Studio, mulai dari properti, wardrobe, hingga detail kecil lainnya benar-benar mirip dengan aslinya. Padahal semuanya itu dibuat oleh tangan manusia. Dan Batam harus makin bangga karena menurut Mba Bella yang membuat semua properti dan set ini adalah orang dari Batam bukan dari luar. Uwww

Atap rumah ini dikirim langsung dari Jawa karena di Batam gak ada yang beginian
Infinite Studio yang terletak di daerah Nongsa di mana dekat sekali dengan Singapura dan Malaysia menjadikannya tempat yang sangat strategis untuk didatangi. Jadi wajar aja banyak banget film mancanegara yang diproduksi di sini. Selain itu Infinite Studio juga memiliki banyak sekali animator keren dan berbakat.

Set candi yang sudah tidak digunakan
Jadi kalau ada syuting di candi percayalah di syutingnya di Batam :))
Keren banget kan Infinite Studio Batam?
YA KEREN DONG, BATAM PUNYA NI WAK!
Tur Infinite Studio Batam ini gak buka terus-menerus. Dalam satu tahun mereka hanya akan buka sekitar 4 bulan dan sisa waktunya akan dipakai untuk syuting film yang artinya gak boleh didatangi tamu dari luar.

Infinite Studio Batam adalah pilihan tepat untuk melakukan kunjungan wisata penuh edukasi. Educational Tourism gituh kalau pakai bahasa dari kampungku wkwkw. Memang tidak semua set di tempat ini boleh di foto atau direkam. Tapi kan kita udah punya kamera dan memori terbaik, yakni mata dan ingatan dalam kepala.

Terus kalian masih diem aja gitu gak mau dateng ke sini? Kuylah dateng gaissss.
Sebelum itu studio tutup karena syuting.
Beritakan pada seluruh dunia bahwa Batam punya tempat sekeren ini.
Psssstttttt…
Biar ga ribet ke sininya bareng Govakansi aja yuks :3

Oh iyah yang mau trip bareng Govakansi nih jadwalnya:
Hari     : Selasa/ Rabu/ Sabtu/ Minggu
Jam      : 10.00 - 11.40 & 14.00 - 17.00
Harga   : Rp 150.000/ orang
              Tapi lagi PROMO nih gaiss mulai dari bulan Mei sampai Agustus cukup membayar
              Rp 120.000 aja per orang dengan peserta minimal 5 orang yah.

GOSAH KELAMAAN MIKIR, LANGSUNG GO YUK!

Bonus pict:
Mba Bella on screen





19 komentar:

  1. Bangga euy Batam punya studio keceee buat soting pilem2 kecee...

    BalasHapus
  2. Wah batam punya tempat wisata keren kayak gini, semoga saya ada rezeki biar sampe ke sini.
    Oh iya mas kalau untuk baca-baca fotografi silakan mampir ke blog saya di gariswarnafoto(dot)com

    BalasHapus
  3. kayaknya ini dulu kantor temen kuliahku deh, infinity di batam. Dia animator gt, tapi sekarang udah resign dan pulang ke cianjur.

    BalasHapus
  4. Wiiih keren banget....kapan bisa ke Batam ya hehehe....infinity Batam ini bisa jadi destinasi wisata yang menyenangkan ya mba...harga tiket masuknya sudah sebanding dengan spot-spotnya yang ada didalamnya.

    BalasHapus
  5. Wow..kerennyaaa... Wah hanya buka 4 bulan saja ya? Semoga bisa ke sana juga suatu saat..

    BalasHapus
  6. Keren banget mbak, saya jadi ngebayangin syuting film ala Holywood.Ternyata Indonesia juga punya panggung besar ala Holywood ya.

    BalasHapus
  7. Tempatnya menantang adrenalin nih, mba. Hehhe. DUh apalagi yang penjara itu. Serem. Tapi kalau datang ke sini aku mau banget. Soalnya walau seram tapi ya tetap menarik :)

    BalasHapus
  8. Senaaang banget bisa tahu bahwa Batam pun punya studio film. Semoga dengan itu dunia perfilamn Indonesia kian maju dan mampu eksis di dunia internasional.
    Bagi saya bisa melihat set panggung untuk syuting film itu merupakan hal yang menyenangkan soalnya saya movie mania.
    Semoga apa yang dimiliki Batam kian canggih dan sanggup memiliki set properti seperti yang di luar negeri secara lebih lengkap lagi.
    Oh ya, saya sudah follow blog ini da sesama blogspot.
    Nuhun.

    BalasHapus
  9. Yeay,, Batam punya studio keren yang luas beut.
    Semoga perfilm-an Indonesia makin baju, Infinite studio makin rame yang shooting film2 keren, dan yang baca bisa dolan ke studio ini.

    BalasHapus
  10. Aku pas ke Batam ga ngeh kalo ada ini. Duuh jadi pengen traveling ke Batam. Kangen mie terempak sama gonggongnya

    BalasHapus
  11. bangga banget lah kak, secara kita di Batam gitu loh,,
    bias langsung ke lokasi syuting nya artis2 terkenal meski ga bias jumpa langsung sama artisnya yah...
    masalahnya kan ga dibuka untuk umum donks kalo lagi syuting

    BalasHapus
  12. Wahhh gak nyangka ternyata di Batam ada studio keren seperti ini 👍

    Semoga suatu saat bisa menginjakkan kaki di Batam dan lihat langsung studio keren ini, amiiin 😇

    BalasHapus
  13. Wuih.. ternyata Indonesia jg punya ya..baru tau nih kalau di Batam ada ini. Jd makin semangat aja pengen ke Batam nya..sayang wkt kunjungan nya terbatas gitu ya.

    BalasHapus
  14. Kereen studionyaaa... Duh, kalau deket mah, saya pengen ke sana liburan ini. Penasaran sama lokasi-lokasi yang nggak boleh difoto.

    BalasHapus
  15. Sebelum baca aku pikir ini kaya museum gitu soale banyak barang antik dan ternyata ini studio yaa,, keren banget sih bisa menata barang sedemikian rupa gt.

    BalasHapus
  16. Batam kece banget yaa...
    Ini bangunan memang dibangun untuk keperluan-keperluan entertainment yaa...?
    Oiyaa,
    Salam untuk kakaknya yaa...Adinia Wirasti.

    BalasHapus
  17. baru tahu kakak, kalau lokasi syuting itu enggak kudu di tempat asli, contoh di setting rumah adat Jawa, eh bsia datangin aja atap rumah gaya Jawa yaa. Luas banget itu areanya, gimana seru banget dong yaaa, untuk mengelilinginya kudu siap siapin air berbotol biar gak haus.

    BalasHapus
  18. Keren nih Batam punya studio film kayak gini. Berasa pengen tur juga ke sana apalagi ada Diskon sampe Agustus ini eh tapi sayang kejauhan hehe...

    Btw saya jadi penasaran dengan jam gedenya yang bisa bangunin orang serumah eh sedunia itu, kira-kira seberapa besar ya jamnya itu, hehe

    BalasHapus
  19. Wuidih, mantap juga nih Batam punya studio yang digunakan oleh banyak pihak dari luar negeri untuk syuting film. Lihat foto-fotonya itu jadi pengin juga tour bareng ke sana. Kece banget ya setting yang dibuat itu.

    BalasHapus