TIPS MERAWAT RAMBUT TEBAL DAN SEHAT

Merawat rambut tebal

Foto di atas bukan iklan shampoo kok, bukan.
Itu foto rambut saya yang diambil sekitar bulan Maret. Karena pandemi alias virus corona masih eksis aja nih di bumi, saya gak bisa ke salon untuk sekadar merapikan rambut. Yahhhh udah masih bisa potong sendiri, jadi saya memotong ujung rambut yang sedikit rusak agar lebih indah untuk dilihat gitulah. Saat saya mengunggah foto rambut ini ke sosial media, WOW! Banyak sekali teman-teman yang bertanya bagaimana cara memiliki rambut panjang dan tebal seperti saya. Sebenarnya ini ada sedikit faktor keturunan karena rambut mama saya semasa muda juga panjang dan tebal jadilah menurun ke saya. 
Namun seperti hubungan, rambutpun butuh dirawat dan disayang. Mahkotanya kita ini perlu mendapat perhatian khusus selain shampoo dan conditioner doang. Nih saya bagi produk perawatan rambut yang saya gunakan ke kalian. 

Tips merawat rambut tebal dan sehat ala Ameliasepta

1. Shampoo

Ini mah gak perlu dijelaskan lagi lah ya. Pemilihan shampoo yang tepat sangat berakibat akan kesehatan rambut. Saya pernah nih suatu ketika karena iseng nyobain shampoo mama, efeknya rambut saya rontok parah. Iseng berujung bencana. Sedih banget setiap nyisir tuh rambut yang tinggal di sisir pernah hampir segenggaman tangan. Mau nangis rasanya :(( Jadi pastikan shampoo yang digunakan itu sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambut kalian. Jangan salah pilih kaya pilih jodoh pokoknya! Saya sendiri saat ini sedang menggunakan Pantene Gold  Series (gak diendores ya!) Ini beneran cocok dan wangi banget, rambutku jadi lemes, lembut kaya perlakuannya dia. Varian Panten Gold Series ada 3, tapi yang saya pakai hanya dua yaitu Strong & Thick  dan Smooth & Sleek. Untuk harga emang shampoo ini tuh mahal banget dibanding shampoo Pantene lainnya tapi yah worth to try.


Shampoo pantene
Shampoo

2. Conditioner

Ini yang biasanya paling super males digunakan. Karena emang menyita waktu banget gak sih setiap keramas. Dulu saya pakai conditioner Pantene 3 minutes miracle. Tapi waktu gold series launching langsung ganti barengan sama shampoonya. Efeknya abis pakai conditioner, rambut jadi lebih mudah disisir setelah keramas dan tentu saja jadi lembut dan mudah diatur.


Conditioner
Conditioner kesayangan ❤️

3. Hair Tonic

Dulu saya gak ngerti betapa pentingnya menggunakan hair tonic ini. Tapi makin ke sini yah, karena pengaruh usia emang mau gak mau rambut jadi lebih rapuh kalau ga dinutrisi. Jadi setiap habis keramas, setelah rambut kering angin gitu saya menggunakan hair tonic di kulit kepala. Hair tonic yang saya gunakan sekarang adalah Johny Andrean Hair Tonic. Harganya sekitar Rp 39.000 atau Rp 40.000 gitu. Murah kan? Tapi efeknya bagus banget di rambut. Penggunaannya ditetes ke kulit kepala lalu dipijat perlahan. Ada sensasi mintnya jadi kulit kepala terasa lebih segerrr gitu.


Hair tonic
Hair tonic

4. Hair Serum

Ini sebenernya boleh dipakai boleh engga asalkan dibarengi dengan vitamin. Gunanya untuk memperkuat batang rambut sampai ke akar. Pakainya di rambut yang setengah kering agar nutrinya bisa terserap di setiap helai rambut. Yang saya gunakan dari produk Artistic Serum, harganya muraaaaah cuma Rp 29.000 ajah. Tahu produk ini dari rekomendasi seorang teman. Aromanya wangi dan buat rambut lembut.


Hair serum
Hair serum

5. Vitamin Rambut

Ini step terakhir setelah keramas. Waktu rambut udah hampir kering gunakan vitamin di seluruh rambut mulai dari batang sampai ujung rambut. Saya sih menghindari pemakaian di kulit kepala/ akar rambut karena selain tadi sudah menggunakan hair tonic, kulit kepala saya gampang berminyak jadi kalau ditambah dengan vitamin bisa ketombean ntar. Vitamin juga sering saya gunakan ulang ketika beraktifitas rambut terasa kering/ kasar agar tetap lembut dan mudah diatur. Untuk vitamin yang saya gunakan yaitu ellips. Bentuknya yang ringkes jadi bisa dibawa ke mana aja.

Vitamim rambut
Vitamin rambut

6. Masker Rambut

Nahhhhh ke-5 step di atas dilakukan ketika keramas. Yang satu ini bisa dilakuin satu atau dua kali seminggu. Kapan kalian gak mager aja huahaha, karena sayapun anaknya mager banget. Tapi setiap abis masker rambut tuh rambut rasanya minta dielus mulu alias halus banget. Saya gak gunakan produk apa-apa sih, karena seringnya pakai yang alami aja kaya buah-buahan tinggal blender doang. Tapi setiap masker saya selalu campur dengan hair oil Mustika Ratu. Biar apa? Gak tahu sih wkwkwk, cuma suka aja baunya wangi gituh jadi yah campur aja LOL. Tapi buat yang gampang ketombean kaya saya, gak disarankan langsung menggunakan hair oil ini di kulit kepala yah. Mending diolesin di batang hingga ujung rambut aja untuk memperbaiki kerusakan rambut yang emang banyakan di area sana.


Hair oil
Hair oil untuk masker rambut
Itulah semua produk yang saya gunakan selama ini. Murah dan mudah didapat kan? 
Ya kan? Ya dong? 
Sebenernya seperti perawatan lainnya, bukan masalah harga dari produk yang digunakan sih yang penting. Tapi konsistensi kita untuk menggunakan produk itu. Karena kalau gak konsisten yah percuma kan rambutnya tetep aja gak terawat huhuu tapi kalau ada yang mau endorse ku gak nolak sih :))

Selamat mencoba merawat rambut tebal dan sehat dengan harga ekonomis gaissss!







13 komentar

  1. Wadaw...sudah lama ga perawatan rambut nih. Shampoan doang. Haha...

    Pernah dulu rajin pake hair tonic rudy hadisuwarno. Enak banget di rambut, wangi pula.

    Hair mist juga pernah rajin, yg sariayu hijab.

    E tapi sekarang kok enggak semua.

    BalasHapus
  2. inget pantene jadi ingat anggun duta shampo lain
    eh tapi aku juga pakai shampo dan conditioner punya adek kali sampoku habis
    enak sih emang pantene

    aku penasaran sama hair oilnya mustika ratu itu, penasaran wanginya
    kemarin sempat diendorese sama frederika alexis cull
    jadi pingin hehehe

    BalasHapus
  3. Dari dulu aku suka penasaran, orang-ornag yg rambutny panjang lebatt itu perawatanny gimana y
    Sebab aku masuk dalam kelompok rambut tipis dan gak panjang alias pendek bgt malah, gak telaten kalau panjang
    Dan ternyata sesuai dugaan, panjang y mb step2ny wkkk
    Salutt buat temen2 yg telaten masyaaAllah

    BalasHapus
  4. Wah iya sering terlupakan nih merawat rambut ..mungkin karena sudah merasa matur juga yak xixixi tapi kalau lagi ingat suka juga sih beli2 buat perawatan giliran sdh abis lamaaaa banget mau beli lagi.xixixi

    BalasHapus
  5. I don’t really have a thing and healthy here but I love to take care of me as well I try to use hair tonic regularly

    BalasHapus
  6. Whuaa rambutnya bagus banget, hitam dan tebal, rajin perawatan ya, kalau saya rambutnya rontok huhuh males perawatan panjang gitu, cukup sampoan

    BalasHapus
  7. Kalau habis pakai masker rambut suka banget sama kondisi rambut jadi lembut gitu, harus dirajinin ya. Aku suka pegel aja mijit2nya padahal hasilnya bagus

    BalasHapus
  8. Selama masa pandemi, aku pengen banget lebih memperhatikan rambut.
    Secara makin panjang dan gak bisa motong sendiri.
    Nuhun tipsnya, kak...
    Aku kurang vitamin rambut niih..

    BalasHapus
  9. Duluuu banget jaman masih kuliah, aku rajin loh pakai cem-ceman sebelum keramas. Kok ya sekarang udah ga setekun dulu lagi yaaa.. Padahal pasti rambut bakalan lembut dan sehat ya kalau rajin menerapkan urutan perawatan rambut tadi.

    BalasHapus
  10. ya ampun aku jadi inget hair treatment jhony andrean jaman SMA dlu, ciri khas banget aromanya mba.

    BalasHapus
  11. Rambutnya bagus banget Mbak. Kayak di iklan sampoo. Jaman gadis suka banget macem2in rambut, sekarang setelah nikah dan punya jagoan dua, paling cuma sampoan dan pakai masker rambut aja hi hi.

    BalasHapus
  12. Mba Amel rambutnya tebel banget itu, dan panjang jadi ingat ibuku yang berambut tebal
    Kamu rajin banget ya mba. Alat kecantikan untuk rambutnya komplit.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum..salam kenal mbak

    wah mbak itu semua botol dipakai semua? berapa lama perawatannya tuh. Tapi pingin juga sih punya rambut panjang seperti gitu

    BalasHapus