My Head Full of Dream

SEMANGAT GOTONG ROYONG BERSAMA PENDEKAR PANCASILA



PANCASILA
  1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
  2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
  3. PERSATUAN INDONESIA
  4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM  PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN
  5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA


Masih inget gak sih dengan kelima sila di atas.
Kalau jawab lupa? PARAH!
12 tahun kita gak pernah absen setiap Senin pagi denger Pancasila dikumandangkan. Tapi apa iya nilai-nilai yang tertanam di Pancasila sudah diterapkan dalam kehidupan kita?

Nahhhh berangkat dari keinginan untuk mengembalikan nafas kehidupan Pancasila di tengah-tengah masyarakat Indonesia, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik dan Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan acara “Forum Aksi Pendekar Pancasila”. Keren banget namanya waktu gue pertama kali baca flyernya.

Flyer acara
Yang membuat keinginan makin membuncah *cieileh, pengen datang ke acara ini melihat siapa pembicara. Tebak gaiss tebak! Ada blogger idolaakkkkkkkkk yang hits banget itu, Mira Sahid! Gak pakai mikir dua kali: I’M IN! Acara dilaksanakan di Hotel Harmoni One Batam Centre. Melihat seluruh peserta yang datang ke acara, sebagian besar adalah siswa dan mahasiswa di kota Batam. Merasa muda akutuh huahahah :))


Lokasi acara
Lagu Indonesia Raya yang selalu digemakan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme menjadi pembuka acara bertemakan “KITA INDONESIA, KITA PANCASILA – Semangat Gotong Royong, Kebhinekaan Persatuan dan Kesatuan menuju Indonesia maju”. Kata sambutan diawali oleh Kadis Kominfo Kota Batam, Bapak Salim. Dilanjutkan dengan Bapak Wiryanta selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memberi kata sambutan sekaligus membuka acara Pendekar Pancasila di Batam.

Para Pendekar Pancasila Batam
Ada banyak sekali narasumber keren yang hadir. Salah satunya Bapak Aris Heru Utomo yang menjabat sebagai Direktur Sosialisasi, Komunikasi, Jaringan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Materi yang disampaikan Pak Aris seputar bagaimana menggali mutiara Pancasila di era milenial. Polemik yang sering muncul saat ini adalah betapa anak muda atau yang biasa disebut kaum milenial mulai melupakan konteks dan implementasi Pancasila di kehidupan sehari-hari. Budaya yang perlahan luntur harus dipupuk kembali agar hidup dan menjadi ideologi bangsa khusus anak muda. Karena di tangan anak mudalah estafet kepemimpinan bangsa ini akan dilanjutkan.

Narasumber lainnya, seorang Akademisi dari Universitas Sebelas Maret yakni Bapak Sudarsana memaparkan betapa pentingnya semangat gotong royong untuk menuju Indonesia yang unggul. Budaya yang sudah mulai terlupakan ini harus dihidupkan kembali ke tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Untuk menggaet perhatian para milenial, diperlukan seorang figur milenial pula. Itulah alasan Kominfo turut menghadirkan Cindy Gulla atau yang biasa dikenal dengan nama CIgul yang berprofesi sebagai seorang konten creator. Di usia yang terbilang muda, Cigul menceritakan bahwa nilai-nilai Pancasila bisa diimplementasikan dengan metode kekinian, gotong royong online, ujarnya. Semakin berkembangnya jaman, kekuatan internet dan social media menjadi senjata ampuh untuk melakukan “tindakan gotong royong”. Petisi dan bantuan online yang kerap kali dilakuka di social media menjadi contoh nilai Pancasila yakni sila ke 3, Persatuan Indonesia. Keinginan untuk menjaga Indonesia memersatukan orang-orang di seluruh penjuru negeri dalam satu wadah media online. Tidak lupa gadis manis berdarah Manado ini membagikan tips agar bisa berkarya menjadi konten creator seperti dirinya. PEsan yang diberikan CIgul adalah berkaryalah dengan apa yang kita miliki. Karena karya itu bukan tentang peralatan canggih tapi tentang kreatifitas dan konsitensi. Dan menurut seorang Cindy Gulla, tidak ada yang namanya keberuntungan. Segala hal bisa diraih dengan kerja keras. Salute!

Cindy Gulla
Dan materi yang ditunggu-tunggu tentu saja dari idolaknya akuhhh *maap agak norak maap wkwk. Mira Sahid, founder komunitas emak-emak blogger. Sepak terjang mba Mira gak perlu diceritakan lah ya. Siapa yang gak kenal dia. Lalu apa yang mba Mira bagikan di acara ini? Sebagai seorang blogger, mba Mira menekankan bahwa penting bagi kaum milenial untuk memperhatikan jejak digital yang dibuat. Menulis menurut mba Mira adalah tindakan penyembuhan diri. Dirinya bahkan memiliki sebuah buku harian tempat mencurahkan segala isi hatinya *apakah kita sehati mbaku karena kujuga suka nulis diary uwwww.

Mira Sahid idolakuuuu
Semoga pinter dan kreatifnya nularrrr
Lalu apa sebenar-benarnya arti Pancasila itu?

Pancasila adalah ideologi Negara.

Sebagai bangsa Indonesia yang kaya akan keanekaragaman, adalah penting untuk kita menjaga toleransi antar suku. Rasa peduli dan tolong menolong juga harus kembali ditanamkan dalam kehidupan bermasyarakat. Budaya yang mulai terlihat luntur, adalah tugas kita bersama untuk menghidupkan kembali, memelihara, bahkan menjadi contoh betapa Indonesia adalah  Negara yang indah dengan nilai-nilai Pancasila yang berfaedah.

Karena apa?

Karena kita Indonesia. Karena kita Pancasila.



18 komentar:

  1. Allahmdulillah kalau masih inget isi Pancasila ya, semoha masyarkat kita gak luntur deh nilai-nilai Pancasilanya. Wah ada Makpon ya acaranya

    BalasHapus
  2. Aaakkk, seru bangeett acaranya!
    Bisa meet up dgn Makpon plus Cindy Gulla jugak
    Asyik asyiiikkk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Saya masih hapal dengan pancasila. PRnya sekarang adalah apakah sudah menerapkannya. Semoga memang gak sekadar hapal :)

    BalasHapus
  4. Aku masih apal lho pancasila. Dan kemarin pas cpns, sila2nya keluar banyak banget. Jadi berasa amazing sendiri karena ada arti filosofinya

    BalasHapus
  5. Negara kita memang nggak sempurna. Seharusnya anak muda ya seperti ini, sama2 memupuk rasa cinta air, biar jadi bangsa yg kuat & kaya, bukan malah sambat aja.

    BalasHapus
  6. nilai - nilai luhur Pancasila memang bagus untuk diterapkan sehari -hari. Jangan sampai tergerus dengan prinsip-prinsip dan norma lain yang belum tentu cocok untuk kita

    BalasHapus
  7. Widihhh ada mba Mira Sahid �� keren banget deh acaranya, bisa menumbuhkan cinta Pancasila semakin dalam, sering2 diadakan kegiatan seperti ini pasti bagus apalagi di pelosok2

    BalasHapus
  8. Aku hapal pancasila maak, termasuk arti lambang, sikap2 sesuai pancasila, secara punya 2 anak SD, tiap hari nemenin belajar PPKN hahaah 😂

    BalasHapus
  9. Wah menarik acaranya. Apalagi ada Mak Mira Sahid juga. Dan aku ternyata kudet gak tau siapa Cindi Gulla itu (tutup muka). Makasih sharingnya Mbak

    BalasHapus
  10. Mantap.kak, masih ingat butir butir sila Pancasila. Kalau dulu materi mengenal Pancasila itu padet banget dan kira harus hafal satu satu

    BalasHapus
  11. Wah, seru banget event ini. Mana ada emak idola kita semua. MakPon Mira Sahid. Huhu, yang acara di Bandung terancam gak bisa ikutan deh aku. Ihiks...

    BalasHapus
  12. deru banget nih eventnya buat anak muda penting banget paham jiwa pancasila

    BalasHapus
  13. Huaaa ada Mak Mira ya disana jadi kangen euyy. Btw eventnya berfaedah banget ya jadi anak2 muda makin cinta sama NKRI dan paham Bhineka Tunggal Ika.

    BalasHapus
  14. Wah acara asyik nih jd inget jaman dulu ada P4 ada mata pelajaran PMP hehe..

    BalasHapus
  15. Sekarang aku mulai belajar Pancasila lagi karena anakku.
    Tapi rasa nasionalisnya asa gak sekuat zamanku yaa...?
    Apa hanya perasaanku aja?

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah aku masih inget dong sama pancasila. Soalnya PKN termasuk pelajaran favorit aku dulu di sekolah hehe

    BalasHapus
  17. 12 tahun berdiri dilapangan tiap hari senin, kalau lupa sama pancasila kebangetan sih hahaha. tapi emang sih rasanya nilai-nilai pancasila zaman sekarang cuma nyantol di hari senin doang. Semoga dari acaranya Kominfo ini bisa balikin lagi kesadaran untuk berpancasila yaa...

    BalasHapus
  18. pendekar pancasila dan pemuda pancasila kenapa ga join aja mba? hehe bergabung gtu

    BalasHapus